Langsung ke konten utama

12 Aturan untuk Kampanye Pemasaran Media Sosial yang Efektif

Ketika seseorang memikirkan media sosial, situs-situs seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn muncul di benaknya. Banyak bisnis dan wiraswasta membuat kesalahan dengan memiliki kehadiran sosial tanpa

perencanaan yang tepat di situs-situs ini, tidak menyadari perlunya tujuan dan sasaran pemasaran akhir mereka. Membuat kampanye media sosial tidak berbeda dengan kampanye pemasaran lainnya. Ini 

sama-sama membutuhkan perencanaan yang solid dan strategi kemenangan. Tapi tidak ada yang bisa menentukan formula kemenangan; itu bagi Anda untuk merumuskannya. Namun, berikut ini adalah daftar 12 aturan emas yang akan membantu Anda dalam membuat kampanye media sosial yang paling efektif sambil melayani tujuan Anda.

1. Sabar

Media sosial di era saat ini adalah media pemasaran paling efektif yang dengannya Anda dapat memantau hasil kampanye pemasaran Anda secara tepat waktu. Jika Anda telah memposting atau men-tweet, memberikan komentar atau memposting promosi penjualan, Anda dapat langsung mengukur jumlah dan jenis (negatif, positif atau nihil) tanggapan. Secara realistis, memiliki kehadiran web sosial sangat mudah. Tetapi mengendalikan dan memantau aktivitas atau forum pemasaran sambil mencapai tujuan pemasaran Anda adalah tugas yang menantang.

Jika Anda ingin menjadi besar di kampanye media sosial, Anda harus bersabar. Setelah menyelesaikan rencana aksi, Anda harus menunggu dan menonton. Amati ke mana arah kampanye media sosial Anda. Apakah itu mencapai respons yang diinginkan? Apakah itu menarik pengguna situs ke arah Anda?  Sukses tidak dicapai dalam semalam. Hal ini membutuhkan investasi dalam hal tenaga, waktu dan Media informasi terupdate uang. Jadi begitu kampanye diluncurkan, jangan khawatir tentang hasilnya segera. Berikan waktu.

2. Manfaatkan multimedia

Media sosial adalah media yang sangat interaktif hanya jika Anda tahu bagaimana menggunakannya untuk keuntungan Anda. Kita, manusia cenderung membeli sesuatu setelah melihatnya. Jadi, agar penjualan terus mengalir, unggah gambar dan video yang relevan dari produk Anda atau sertakan promosi penjualan yang efektif untuk membuat pengikut Anda tetap terlibat, terhibur, dan mendapat informasi.

3. Nilai Penawaran

Agar orang lain memperhatikan Anda, Anda harus menawarkan sesuatu yang berharga, menarik, dan unik. Jika Anda akan memiliki umpan berulang yang sama di halaman Anda, maka tidak ada yang akan terpesona. Anda harus mempertahankan profil yang menarik dengan konten yang segar. Anda harus memberi makan pengikut dan penggemar Anda dengan informasi dan saran yang berguna.

Tidak ada yang suka mendengarkan dan menerima saran dari amatir. Konten Anda harus fasih dan informatif. Seharusnya terlihat seperti itu berasal dari seorang profesional tetapi bukan dari orang yang lumpuh. Sejauh menyangkut pos, umpan, dan blog, cari tahu informasi apa yang dicari pengikut Anda dan tambahkan konten yang sesuai. Jika mereka datang kepada Anda untuk meminta nasihat maka lakukan penelitian yang memadai sebelum menanggapi. Ingat, Anda harus memecahkan kekacauan untuk tidak menjadi satu.

4. Kualitas daripada Kuantitas

Fokus pada kualitas daripada kuantitas. Jika Anda terus-menerus memposting posting dan umpan yang tidak relevan yang tak terhitung jumlahnya tanpa berkonsentrasi pada kualitas konten, maka Anda tidak hanya membuang waktu Anda tetapi juga orang lain. Akhirnya, pengikut Anda akan kesal dan kesal dan mungkin memblokir Anda. Lupakan angka dan fokus pada keunggulan.

5. Tetap Diperbarui

Ikuti perkembangan tren pasar yang berubah dan sesuaikan kampanye media sosial Anda. Amati kebutuhan dan keinginan pelanggan yang berubah, perhatikan pergerakan pesaing Anda dan lingkungan pemasaran secara keseluruhan, dan sebagai hasilnya, rancang strategi media sosial Anda. Jika Anda gagal memperbarui diri dengan berlalunya waktu maka Anda akan segera dilupakan.

6. Dengarkan Dulu

Aturan nomor satu untuk komunikasi yang efektif adalah mendengarkan. Jika Anda tidak tahu apa yang orang lain coba katakan, lalu bagaimana Anda akan menanggapinya?

Dengarkan audiens Anda terlebih dahulu. Buat mereka menyadari bahwa Anda semua adalah telinga, baru kemudian mereka akan mulai berkomunikasi. Lakukan percakapan rutin dengan mereka dan dorong mereka untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada umpan Anda. Anda tidak dapat mencapainya dengan paksa sehingga Anda harus menyediakan lingkungan di mana mereka dapat berbicara dengan sepenuh hati dan berbicara.

7. Hargai pengikut Anda

Perlakukan pengikut dan penggemar Anda sebagai hal yang istimewa. Buat mereka merasa penting. Jika Anda akan menghargai pengikut Anda, maka mereka akan menghargai penawaran Anda. Jika Anda akan memperlakukan mereka dengan tidak serius, maka mereka akan memperlakukan Anda dengan cara yang sama. Jadi perlakukan pengikut Anda dengan baik, hargai tanggapan mereka dan seringlah berinteraksi dengan mereka.

8. Jadilah Profesional

Media sosial adalah dunia yang bebas dan impulsif. Jadi perhatikan langkahmu. Jauhi publisitas negatif dan PR. Ingat setiap individu memiliki pola pikir yang berbeda. Tidak semua orang akan menanggapi umpan/postingan Anda dengan cara yang positif. Jika Anda menemukan situasi yang ofensif dan tidak menyenangkan, alih-alih merespons secara agresif, Anda harus menutupinya dengan bijaksana. Di media sosial, Anda harus menghormati komentar pelanggan/pengikut Anda setiap saat.

Jadi sebelum menanggapi posting dan feed seperti itu, pikirkan dua kali. Ingat, satu pelanggan yang buruk dapat memengaruhi bisnis dan merek Anda.

9. Hindari Pengulangan

Hindari pengulangan dan duplikasi promosi penjualan yang tidak perlu. Tetap sederhana, segar, dan menarik. Jika Anda terus memposting promosi penjualan membosankan yang sama setiap kali, maka itu hanya akan mengganggu pengikut Anda dan menjauhkan mereka. Tentunya, informasikan dan perbarui pengikut Anda dengan gimmick pemasaran terbaru tetapi jangan berlebihan.

10. Tetap Fokus

Sangat penting untuk tetap fokus; jika kampanye media sosial Anda tidak menghasilkan respons yang diperlukan, maka Anda tidak melakukannya dengan benar. Semua investasi waktu dan usaha adalah sia-sia. Rencanakan pos dan umpan Anda. Jika salah satu gagal mencapai hasil yang diinginkan maka gunakan yang lain. Intinya bisnis tidak boleh keluar dari fokus.

11. Bangun Ikatan yang Kuat dengan pengikut Anda

Membangun hubungan yang kuat dengan pengikut dan penggemar Anda adalah kunci sukses kampanye media sosial. Jalin hubungan dengan orang-orang baik yang kemungkinan besar akan meningkatkan bisnis dan penjualan Anda.

12. Batasi diri Anda

Batasi upaya pemasaran Anda ke grup dan forum tertentu. Jangan terlalu memaksakan diri. Bergabung dengan sejumlah grup bukanlah hal yang besar. Yang penting adalah bagaimana Anda tampil di grup-grup ini. Jadi batasi diri Anda pada kelompok tertentu yang relevan, di mana Anda dapat dengan nyaman berpartisipasi dan berkontribusi secara berharga daripada menjadi anggota yang tidak aktif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Tentang Berita Online

 Ini telah menciptakan banyak peluang bagi surat kabar untuk memberikan berita terkini lebih tepat waktu. Dengan cara ini mereka bisa bersaing dengan jurnalisme penyiaran. Surat kabar online juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan surat kabar cetak. Surat kabar online mengikuti peraturan hukum yang sama dengan surat kabar cetak. Publikasi online diketahui menuai hasil yang lebih besar daripada publikasi cetak. Hal ini dapat menarik lalu lintas yang lebih besar dibandingkan dengan publikasi cetak. Aplikasi Seluler Berita Hindustan Times Banyak reporter berita diajari untuk merekam video dan menulis berita yang dapat dipublikasikan di publikasi online juga. Di banyak lembaga jurnalistik, siswa diajari tentang publikasi online dan surat kabar online bersama dengan surat kabar cetak. Beberapa surat kabar telah mengintegrasikan internet ke dalam setiap aspek operasi mereka. Iklan baris kini juga telah diterbitkan baik di surat kabar cetak maupun surat kabar online. Dalam skenario hari in

Memulai Bisnis Online

Baru-baru ini saya terjun ke dunia bisnis online. Ada beberapa alasan untuk pilihan ini tetapi yang paling menonjol adalah mencoba membayangkan apa lagi yang bisa saya lakukan yang akan menghasilkan hasil dalam kerangka waktu yang akan terjadi jika saya tetap menggunakannya. Saya akui bahwa ketika saya mulai, saya memegang beberapa kepercayaan dan asumsi yang sama tentang bisnis online yang dimiliki banyak orang. Melalui mentor, penelitian, dan pengalaman saya sendiri, saya telah belajar bahwa menjalankan bisnis online hampir persis sama dengan memulai bisnis offline, internet hanya berarti cara yang berbeda untuk melakukannya. Berikut adalah 8 mitos yang paling banyak dipegang tentang memulai bisnis online: Mitos # 1 - Mudah dan tanpa usaha Kebenaran - Tidak mudah atau tanpa usaha Yang benar adalah bahwa memulai bisnis online sangat sulit. Menuntut, Melelahkan. Membuat frustrasi. Lambat. Luar biasa. Tidak semua orang bisa melakukannya. Itu sebabnya ada begitu banyak o

Pengobatan Alternatif Untuk Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi pendengaran yang sering dikaitkan dengan penggunaan perangkat audio portabel seperti Ipod secara terus-menerus. Meskipun informasi ini tampaknya lucu dan mungkin juga terdengar tidak mungkin bagi banyak orang, literatur medis terkait menunjukkan bahwa tinitus sebenarnya dapat dipicu oleh paparan terus-menerus terhadap suara yang sangat keras dan suara yang memekakkan telinga.